Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 04 Januari 2011

Kerjasama Fiat Dan Yamaha Berakhir

Fiat dan Yamaha mengakhiri kerjasama mereka yang sudah terjalin sejak 2007. Sejumlah perusahaan sedang mendekati Yamaha untuk menjadi sponsor di MotoGP 2011.

Pengumuman berakhirnya kerjasama antara Fiat dengan Yamaha dibeberkan dalam akun Twitter resmi tim, @fiatyamahateam, yang menegaskan, "Tim akan mengubah titel sponsor dan untuk itu tidak ada lagi Tim Fiat Yamaha."

Sementara di situs resmi tim, fiatyamahateam.it, juga memastikan berakhirnya kerjasama. "Fiat dan Yamaha: Terima Kasih Untuk 4 Tahun Yang Penuh Kejayaan dan Emosi."

Berakhirnya kerjasama ini cukup mengejutkan, pasalnya Fiat Yamaha sukses merengkuh ketiga gelar MotoGP musim 2010, gelar juara dunia rider (Jorge Lorenzo), manufaktur dan tim.

Hengkangnya Fiat dikabarkan tidak lepas dari kepergian Valentino Rossi dari Yamaha ke Ducati. Pasalnya, The Doctor mewakili nama Italia di Yamaha, begitu juga Fiat.

Fiat merupakan sponsor Yamaha pertama yang bukan dari produsen rokok sejak era MotoGP. Musim pertama kerjasama pada 2007 kurang begitu sukses, namun sejak 2008 Fiat Yamaha selalu merajai ajang MotoGP.

Mulanya niat Fiat, yang merupakan produsen mobil asal Italia, untuk mensponsori tim motor asal Jepang dianggap sebagai hal yang aneh, namun Fiat berkilah MotoGP jauh lebih menjual daripada F1.

Sejumlah perusahaan besar dunia, seperti AirAsia dan raksasa telekomunikasi Spanyol Telefonica, dikabarkan sedang melakukan negosiasi dengan Yamaha untuk menggantikan posisi Fiat.

Valentino Rossi ingin memberikan kado perpisahan yang manis untuk Fiat Yamaha di dua seri terakhir MotoGP. The Doctor ingin menutup musim dengan kemenangan sebelum pindah ke Ducati.

Setelah meraih 46 kemenangan bersama Yamaha di MotoGP Malaysia, 10 Oktober 2010 lalu, Rossi berusaha untuk meninggalkan tim asal Jepang itu dengan manis sebelum hengkang ke Ducati musim depan.

Rossi berharap bisa meraih kemenangan di dua seri terakhir musim ini di Estoril dan Valencia. Namun, juara dunia MotoGP enam kali ini harus bekerja keras setelah tidak pernah menang di Estoril dalam dua tahun terakhir.

Lorenzo pun akan berpasangan dengan rider asal Amerika Serikat, Ben Spies, yang musim ini masih membela tim satelit Yamaha, Monster Tech 3.

Yamaha selalu identik dengan Rossi dalam satu dekade terakhir setelah meraih 4 gelar juara dunia MotoGP sejak bergabung dengan Yamaha pada 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar